Wilayah

Hektare Wilayah

Hektare Sawah

Hektare Tegalan

Hektare Daratan

Hektare Lain-lain

Hektare Tanah Kas Desa

Dusun

RW

RT

Keadaan Alam

Aspek Geografi

Desa Cikangkung Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi secara geografis terletak di 106º.27º – 290 Bujur Timur,60 – 560 Lintang Utara, dan 070.200 – 270 Lintang Selatan. Topografi Desa  Cikangkung termasuk dalam kategori Daerah dataran Tinggi yaitu terletak diatas Permukaan Laut (Samudera Indonesia), dengan suhu 320C 35ºC dengan ketinggian  ± 50 meter  dari permukaan laut (DPL).

Adapun batas-batas wilayah yuridis Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi adalah sebagai berikut:

  • Sebelah Utara : Desa Mekarsari Kecamatan Ciracap
  • Sebelah Timur : Desa Purwasedar Kecamatan Ciracap
  • Sebelah Selatan : Samudera Indonesia
  • Sebelah Barat : Desa Gunungbatu Kecamatan Ciracap

Desa Cikangkung merupakan desa yang berada di daerah pesisir pantai sebagian besar wilayah Desa Cikangkung adalah lahan Pertanian dan Pemukiman dengan batas sebelah Selatan Pesisir Pantai Cikalapa dan Cijoho sebagai batas wilayah Desa Cikangkung. 

Adapun Aspek hidrologi suatu wilayah desa sangat diperlukan dalam pengendalian dan pengaturan tata air wilayah desa. berdasarkan hidrologinya, aliran-aliran sungai di wilayah Desa Cikangkung membentuk pola daerah, tercatat beberapa sungai maupun solokan terdapat di Desa Cikangkung, seperti Sungai Cibelengbeng merupakan pusat irigasi masyarakat Desa Cikangkung, disamping itu ada pula beberapa mata air yang bisa digunakan sebagai sumber mata air bersih, maupun sumber air untuk pertanian. Mata air utama yang menghidupi masyarakat Desa Cikangkung secara umum akhir-akhir ini terjadi penurunan kualitas curah hujan dan jumlah hujan dibanding keadaan selama tahun-tahun sebelumnya, hal ini dapat menjadi sangat berpengaruh terhadap beberapa sumber mata air yang menjadi sumber kehidupan masayarakat penggarap sawah.

Peta Wilayah